MARI BANTU SOMALIA MELALUI LEMBAGA TERPERCAYA




Isu belakangan ini tentang krisis pangan dan bencana kemanusiaan banyak terdengar di media sosial. saya pun ingin ikut berkontribusi, selain dengan bantuan dana melalui ACT tapi juga dengan tulisan ini semoga bisa mengajak sebanyaknya orang untuk sadar dan berempati membantu saudara kita di Somalia. sedikit paparan tentang Somalia di bawah ini semoga dapat menggugah rasa kemanusiaan sobat semua.. Mari kita cek!

Somalia merupakan sebuah negara yang dahulu bernama Republik Demokratik Somali, adalah negara yang terletak di Tanduk Afrika ini berbatasan dengan Djibouti di sebelah barat laut, Kenya di sebelah barat daya, Teluk Aden dan Yaman di sebelah utara, Samudera Hindia di sebelah Timur dan Ethiopia di sebelah barat.

Somalia secara geografis terletak di 12` LU – 39` LS dan 41` BT – 51` BT. Negara seluas 637.657 km2 ini beriklim tropis dengan curah hujan tahunan yang kurang dari 50 cm, setengah wilayahnya adalah gurun yang gersang. Terdapat 3 sungai utama yakni sungai Nagal di Utara, sungai Shibeli di tengah dan sungai Giuba di Selatan.

Sungai-sungai itu sudah mulai mengering, curah hujan yang sudah tiga tahun terakhir sangat jarang hadir menjadikan tanah tandus dan retak sehingga tidak dapat di tanami tumbuhan dan ini menyebabkan gagal panen, matinya hewan-hewan ternak dan tanaman tidak dapat tumbuh subur dan rakyat kekurangan makanan. Tahun ini, bencana kemanusiaan terjadi lagi di Somalia, tepatnya di wilayah Jubbaland. Ini adalah krisis pangan ketiga dalam kurun waktu 7 tahun. Krisis pangan ini dipicu oleh peperangan, pemberontakan dan munculnya teroris seperti Boko Haram dan Al-Shabab, bajak laut, kemiskinan, ketiadaan penegakan hukum dan pemerintahan yang lemah. setidaknya 26 orang meninggal setiap setengah hari di karenakan kelaparan dan setengah populasi lainnya terancam mati kelaparan jika bantuan tidak segera mereka dapatkan. Sebanyak 363 ribu anak-anak mengalami gizi buruk akut.

http://www.trbimg.com/img-54d42648/turbine/la-fi-merchants-bank-somalia-20150206
MENGANTRE AIR BERSIH



Kelaparan ini menyebabkan eksodus besar-besaran ratusan rakyat ke ibukota Mogadishu untuk mencari bantuan. Mereka kesana dengan menunggangi keledai. Daerah ini dikuasai militan Al-Shabab yang terus melakukan pemberontakan untuk menggulingkan pemerintahan pusat dan di sokong oleh negara-negara Barat.

Harga pangan yang terus naik dan harga air pun tiga kali lipatnya per barel, hal itu sudah sangat tidak terjangkau untuk rakyat Somalia yang hidup di bawah garis kemiskinan.  Berita yang dilansir dari Al Jazeera mengatakan bahwa mereka baru mendapatkan bantuan setelah 11 hari lamanya, karena akses bantuan yang terbatas dan tidak dapat keluar mencari bantuan dikarenakan ada ancaman dari kelompok militan.



Bagi Anda yang ingin menyalurkan bantuan dan donasi bisa melalui rekening atas nama Aksi Cepat Tanggap:
  • BNI 66 000 00 120
  • Bank Syariah Mandiri 777 778 9777
  • Bank Mandiri 128 000 4793 136

atau kunjungi act.co.id
#SaveHumanity
#SaveSomalia
#SaatnyaUmatSelamatkanUmat

1 komentar:

  1. Waah, blognya baru ya :)
    Semoga lebih semangat ya nulisnyaa.. :*

    BalasHapus