BPK Berkolaborasi dan Bersinergi dengan Blogger Dalam Kawal Harta Negara

Haiii penyemangat,

Kali ni aku mau bahas soal acara kamis kemarin, lepas dinas malam langsung cuuss kesana walau ngantuk tapi exicited banget pingin liat siapa sih pemenangnya.. Jadi tuh dari tanggal 27 November 2017 - 12 Februari 2018, BPK telah mengadakan lomba menulis blog dengan tema "BPK Kawal Harta Negara" sebenarnya itu merupakan waktu yang sangat panjang untuk menulis konten bagus dan ternyata respon dari masyarakat pun sangat banyak. Lebih dari 300 blogger ikut serta termasuk salah satunya punyaku..menulis konten ini sebenarnya berat buat aku..sambil kerja dan materinya wahh banget..tapi demi ikut berpartisipasi dalam mengawal harta negara juga supaya tetap bisa eksis di komunitas Blogger Jakarta wkwk..iya, aku ikut serta karena Blogger Jakarta diundang BPK untuk ikut lombanya.





Nah, tanggal 15 Maret 2018 adalah hari penganugerahan pemenangnya dan sekalian silaturahmi dengan tema "Kumpul Blogger BPK"..aku sih ga berharap menang karena memang sadar konten yang aku buat biasa aja hehe..acara dimulai dengan registrasi sampai pukul 11 kemudian dilanjut pembukaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan khidmat dan semangat.





Selesai itu laporan kegiatan oleh Sekjen BPK Bapak Hendar Ristriawan, beliau berucap "BPK berkomitmen untuk menggandeng blogger dalam mengawal harta negara". Disusul sambutan oleh ketua BPK bapak Dr. Moermahadi Soerja Djanegara, S.E.Ak, M. M. C. P. A dan pemukulan gong sebagai tanda acara telah dibuka.





Setelah itu dilanjut dengan pengumuman pemenang lomba menulis blog yang sudah ditunggu-tunggu..dari 300 lebih tulisan yang masuk, juri mengatakan kalau harus menyortir tulisan dengan seksama yang akhirnya terpilihlah 20 nominasi dan diseleksi lagi jadi cuma 6 pemenang. Berikut nama-namanya:


Juara I
Alexander Arie Sanata Dharma
Dengan alamat blog ariesadhar.com
Judul artikel "BPK Kawal Harta Negara Dengan Mendorong Akuntabilitas Keuangan Negara"
Juara II
Yesi Hendriani Supartoyo
Dengan alamat blog yesisupartoyo.com
Judul artikel "Peran Generasi Milenial Kawal Harta Negara"


photo by: Tigor Agustinus


Juara III
Lalu Alfian Rifa'i
Dengan alamat blog firstwinner.wordpress.com
Judul artikel "Ikut Berpartisipasi Membantu BPK Mengawal Harta Negara Yuk"
Favorit I
Lalu Alfian Rifa'i
Dengan alamat blog firstwinner.wordpress.com
Judul artikel "Jangan Bilang Ente Gak Mau Bantu BPK Kawal Harta Negara"
Favorit II
Dengan alamat blog Bayusatriautama.wordpress.com
Judul artikel "Tantangan Era Disrupsi : SIPADU Membangun Kolaborasi Masyarakat dan BPK Kawal Harta Negara"
Favorit III
Saiful RijaL Yunus
Dengan alamat blog Sayabu.wordpress.com
Judul artikel "Harta tahta dan BPK"

Pasti kamu aneh ada satu nama yang bisa menang dua nominasi, tapi memang kenyataannya demikian. Lalu Alfian Rifa'i adalah blogger yang berasal dari Lombok, beliau bela-belain terbang ke Jakarta demi menghadiri acara ini dan bisa menang karena artikelnya kreatif dan nilai lebihnya ada komik yang dibuat sendiri.
Selesai pengumuman pemenang, dilanjut santap siang ishoma dan bincang ringan sama temen baru yang duduk satu meja. Kemudian dilanjut talkshow dengan pemateri yang kece.



Pembicara pertama mas Farchan Noor Rachman seorang Travel Blogger yang karena hobi jalan-jalan dan mereview tempat wisata yang pernah didatangi akhirnya bisa jalan-jalan gratis. Mas Farhan membahas tentang "Dari Gagasan Menjadi Tulisan". Menurut Mas Farchan, ide itu mahal dan sebaiknya harus original. yang kedua setelah dapat ide langsung segera dituangkan dalam bentuk tulisan dan kerjakan sampai selesai untuk menghindari hilang mood, barulah di edit dan jangan lupa mintalah opini dari orang orang yang berkompeten agar tulisannya sudah cukup benar mewakili apa yang sedang di review. Hal itu penting agar meminimalisir kesalahan dalam penyampaiannya. Bagi mas Farchan proses mengedit lebih lama daripada menulisnya.



Pembicara kedua si cantik kak Ollie Salsabeela, beliau menjabat sebagai CCO Zetta Media, membahas tentang Personal Branding. Bagaimana kita akan dikenal dan dingat oleh orang lain, bagaimana membentuk personality yang berbeda dari orang lain agar kita bisa mempunyai ciri khas tersendiri dan bagaimana menentukan goals kita bila ingin bisa mulai mencari penghasilan dari postingan di medsos.


Pembicara terakhir adalah mas Dimas Noviandri, seorang social and brand activation lead menjelaskan bagaimana menghasilkan uang dari blog.

Menurut beliau ada 5 tipe blogger, coba cek kamu termasuk yang mana.
1. The Part Time Profesional adalah blogger paruh waktu yang mengerjakan aktivitas blogging sebagai tambahan penghasilan disamping pekerjaan utamanya.
2. The Hobbiest : seseorang yang menjadi blogger sekedar untuk mencurahkan hobi nya melalui tulisan di blognya.
3. The Full Time Profesional : seseorang yang menjadikan pekerjaan dan penghasilan utamanya sebagai blogger.
4. The Corporate : seorang blogger yang bekerja penuh untuk perusahaannya.
5. The Enterpreuner : seorang blogger yang bekerja untuk mendapatkan penghasilan di perusahaannya sendiri.

Selanjutnya adalah gimana kamu posting semua tulisan kamu dan share..jangan lupa kalau kamu benar benar ingin menggeluti dunia pertulisan menjadi pundi pundi uang, kamu harus punya materi kit yang berisi profil dan rate card kamu..agar terlihat profesional saat ada yang mengajak bekerjasama.

How awesome, right! Materi materi yang diberikan sangat bermanfaat, akan saya jabarkan secara garis besar dipostingan berikutnya..tunggu saja yaaa...

And last but not least...inilah blogger blogger yang sangat menginspirasi saya untuk terus berusaha lebih baik lagi.. Semangaaatt 💪




0 komentar:

Posting Komentar